Siklus Langkah Buang

Siklus Langkah Buang atau Cara Kerja Motor 4 Tak pada saat Langkah Buang. Setelah sebelumnya kita membahas tentang Cara Kerja Langkah Usaha pada motor 4 tak maka langkah selanjutnya dari proses kerja piston pada motor 4 tak yaitu Langkah Buang. Pada langkah buang ini merupakan akhir dari siklus 4 tak dimana pada langkah ini sisa - sisa dari pembakaran yang ada di ruang bakar akan di buang keluar melalui saluran exhause yang nantinya akan di salurkan ke kenalpot.

Posisi Piston pada langkah buang

Cara kerja langkah buangPada langklah buang piston bergerak dari TMB ke TMA Gerakan piston ini mengakibatkan dorongan pada sisa-sisa pembakaran yang berada di ruang bakar. Ilustrasi yang paling sederhana untuk menggambarkan langkah ini bisa kita lihat pada perinsip pompa sepeda dimana pada saat kita menarik gagang pompa, itu merupakan langkah isap pada posisi ini apabila gagang pompa sepeda kita tarik maka udara akan masuk kedalam pompa sepeda sedangkan pada saat kita tekan ini merupakan ilustrasi dari langkah buang dimana pada saat kita tekan maka udara yang berada di dalam akan ditekan keluar melalui selang pompa tersebut. Cukup mudah bukan??? Tidak sesusah yang kita fikirkan sebelumnya, yang membedakan hanyalah konstruksi bentuk dari kedua barang tersebut. Pada mesin tempat penampungan ruang bakar terdapat di ruang  silinder yang terdapat di bagian blok mesin  gagang penekan pompa di mesin ita kenal dengan sebutan piston.Pada langkah ini tekanan piston akan memaksa gas sisa-sisa pembakaran keluar.

Posisi Katup Pada saat  Langkah Buang

Posisi katup pada saat langkah buang ini yaitu kebalikan dari langkah isap dimana pada saat ini posisinya adalah katup masuk menutup katup buang membuka. Tujuannya yaitu agar pada saat  piston bergerak naik ke TMA maka sisa-sisa pembakaran yang di tekan oleh piston akan di keluar melalui katup buang, karena desain dari  sebuah mesin dimana katup buang tersebut di hubungkan dengan saluran exhause sehingga sisa pembakaran nantinya akan keluar ke exhause kemudian ke kenalpot dan kemudian di buang, pada kejadian ini kita bisa melihatnya dengan adanya asap yang keluar dari dalam kenalpot.
Kesimpulannya
Pada langkah buang intinya adalah untuk membuang sisa pembakarang yang ada di ruang bakar ke udara luar.
Piston Bergerak dari TMB ke TMA 
Posisi katup pada langkah ini yaitu katup masuk menutup sedangkan katup buang membuka.
Untuk yang masih bingung dengan ilustrasi kata-kata diatas bisa untuk jelasnya kita perhatikan pada video berikut !!!!

Sekian dulu artikel tentang Cara kerja motor 4 tak untuk langkah buang semoga artikelnya bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua

0 Response to "Siklus Langkah Buang "

Posting Komentar

Our Facebook