Pengertian Rasio Kompresi

Seringkali kita mendengar istilah Rasio Kompresi ketika kita bergelut di bidang otomotif,  tapi apakah kita tau makna yang sebenarnya dari rasio kompresi tersebut?

Apabila kita pisah maka kita akan mendapatkan 2 suku kata yaitu kata rasio dan kompresi, menurut kamus besar bahasa indonesia pengertian rasio adalah hubungan taraf atau bilangan antara dua hal yg mirip; perbandingan antara berbagai gejala yg dapat dinyatakan dengan angka. Sedangkan arti kata kompresi adalah pemberian tekanan yg tinggi; pengempaan; pemampatan, apabila dilihat pengertian secara harfiahnya maka rasio kompresi adalah perbandingan pemberian tekanan tinggi. 


Dalam otomotif adanya kompresi ini merupakan salah satu point terpenting dimana dengan adanya kompresi maka menandakan bahwa sebuah kendaraan tersebut bekerja. Pada artkel cara kerja mesin 4 tak kita sudah banyak menceritakan tentang pemampatan yang terjadi pada langkah kompresi. Pada langkah kompresi piston bergerak dari TMB ke TMA campuran bahan bakar dan udara yang sudah ada pada sehingga pada kondisi ini terjadi penyempitan ruangan yang menyebabkan kenaikan suhu dan teknanan campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder.

















1 Response to "Pengertian Rasio Kompresi"

Our Facebook