Cara Kerja Mesin 4 Tak Motor Bensin

Cara Kerja Motor 4 Tak pada motor bensin- setelah Sebelumnya kita membahas tentang Otomotif Dasar Cara Kerja Motor Bensin pada artikel ini kita akan melanjutnya pembahasan selanjutnya mengenai Prinsip dan Cara Kerja Motor 4Tak untuk kategori Jenis Jenis Motor Bensin , Motor bensin 4 tak atau Motor Bensin 4 Langkah adalah jenis motor yang mana untuk dapat nenghasilkan tenaga di butuhkan 4 kali gerakan piston dan 2 kali putaran poros engkol. Dalam membahas cara kerja motor bensin ini kita akan banyak bercerita tentang TMA dan TMB, dibawah ini merupakan pengertian dari TMB dan TMA dalam buku TEORI MOTOR BENSIN Karangan Bapak Wardan Suryanto

 TMA = Titik Mati Atas
  • TMA adalah posisi dimana pada kejadian ini piston berada di posisi paling atasb dengan kata lain pada posisi ini torak sudah tidak dapat menjangkau lebih ke atas lagi ,posisi piston, batang piston, dan engkol membentuk garis lurus 

TMB = TiTik Mati Bawah
  • TMB adalah posisi dimana pada saat ini piston berada di titik yang paling bawah sehingga tidak bisa bergerak lebih jauh lagi. Pada saat inipun posisi torak terhadap batang torak adalah membentuk garis lurus
Cara Kerja Motor 4 Tak pada motor bensin

       

Prinsip dan Cara Kerja Motor 4Tak

Untuk cara kerja piston motor bensin 4 tak secara sederhana nya yaitu pada saat mesin di start baik itu dengan srtarter tangan atau pun dengan menekan pedal  maka pada saat ini piston akan bergerak dimana pada saat gerakannya turun maka campuran bahan bakar yang dihasilkan oleh karburator akan terhisap masuk ke ruang bakar melalui intake manifold (langkah isap) kemudian pada saat piston bergerak naik campuran bahan bakar tersebut akan di mampatkan atau ditekan  dimana pada saat posisinya sudah maksimal pada saat ini juga campuran bahan bakar tersebut akan di bakar (langkah kompresi) setelah dibakar maka campuran bahan bakar tersebut akan mengembang sehingga mampu menekan piston untuk turun (langkah usaha), setelah piston turun maka piston tersebut akan kemabali bergerak naik sehingga sisa sisa pembakaran tyersebut akan terdorong keluar.



1. Langkah Hisap

Cara Kerja Motor 4 Tak pada motor bensin

 Cara Kerja motor 4 tak yang pertama yaitu langkah hisap. Secara bahasa Langkah hisap bisa kita artikan dengan hisapan (langkah piston yang menyebabkan adanya hisapan), sedangkan untuk pengertiannya Langkah hisap adalah langkah dimana piston pada posisi ini bergerak turun dari TMA menuju ke TMB dengan kata lain saat posisi ini piston bergerak turun. Dengan turunnya piston maka pada saat ini juga akan terjadi hisapan yang mana hisapan tersebut ada karena tejadi kevakuman di ruang bakar, kevakuman ini terjadi dikarenakan adanya perbedaaan tekanan antara di dalam silinder dan di udara luar dimana udara di dalam silinder lebih rendah dari pada di luar dengan kata lain terjadi penurunan tekanan di ruang bakar. Kejadian lain yang menyerupai cara kerja dari langkah hisap ini terdapat pada suntikan dimana pada saat tuas suntikan ditarik maka pada saat ini juga akan terjadi perluasan ruang dari yang tadi nya ruangannya kecil akan menjadi besar yang menyebabkan adanya hisapan. Pada saat terjadi hisapan setelah itu diikuti dengan terbukanya katup masuk ini menyebabkan campuran bahan bakar dan udara tersebut masuk kedalam ruang bakar. Jadi bisa kita simpulkan bahwa langkah isap ini adalah langkah dimana saat ini campuran bahan bakar + udara akan di hisap masuk keruang bakar melalui katup masuk dikepala silinder.  Rangkuman beberapa kejadian penting yang terjadi ketika langkah isap berlangsung diantara nya: 


  • Kondisi di dalam ruang bakar

    Perbedaan tekanan dimana tekanan didalam lebih kecil apabila di bandingkan dengan di luar silinder mengakibatkan adanya hisapan 
  • Langkah Piston

    Piston Bergerak turun dari TMA ke TMB menyebabkan terjadinya perbedaan tekanan antara ruang bakar dan udara di sekitar yang berdampak terhadap terhisapnya campuran bahan bakar +udara ke ruang bakar
  • Posisi katup pada kepala silinder

     Katup masuk terbuka dan katup buang tertutup dengan kejadian ini maka saluran masuk menjadi terbuka dan campuran udara dan bahan bakar tadi masuk melalui katup masuk


 2. Langkah Kompresi 

Cara Kerja Motor 4 Tak pada motor bensin


Cara kerja motor 4 tak yang selanjutnya adalah langkah kompresi. Setelah piston mengalami perjalanan yang cukup panjang pada langkah isap maka langkah selanjutnya yang akan kita bahas adalah langkah Kompresi atau combution stroke. Pada Langkah Kompresi ini Piston bergerak dari TMB ke TMA apabila kita lihat seperti gambar diatas maka piston akan bergerak naik dimana bersamaan dengan naiknya piston tersebut campuran Bahan bakar dan udara yang terhisap pada saat langkah isap akan di mampatkan / ditekan hal ini disebabkan karena pada langkah kompresi ini posisi katup menutup semua baik itu katup masuk ataupun katup buang dengan kata lain saluran didalam ruang bakar tersumbat. Semakin piston tersebut bergerak naik menyebabkan penyempitan volume ruang bakar yang berdampak semakin meningkatnya suhu dan juga tekanan di ruang bakar, pola yang sama dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita jumpai bisa kita lihat pada balon, dimana apabila pada sebuah balon yang sudah kita tiup kemudian kita peras atau kita tekan maka balon tersebut akan terasa lebih mengeras apabila kita tekan terus maka balon tersebut akan meledak hal tersebut disebabkan karena pada saat ini tekanan didalam balon semakin meningkat. Kejadian yang sama terdapat pada langkah kompresi dimana semakin piston bergerak naik maka semakin tinggi juga tekanan serta suhu di dalam ruang bakar. Pada saat tekanan dan suhu dari campuran bahan bakar udara meningkat di akhir langkah kompresi ini busi memercikan bunga api listrik yang bertujuan untuk memicu terjadinya pembakaran yang menyebabkan terjadinya ledakan di dalam ruang bakar sehingga menghasilkan tenaga yang dimanfaatkan oleh piston untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Rangkuman kejadian pada langkah kompresi:


  • Langkah Piston

    Piston Bergerak dari TMB ke TMA karena pada saat ini kondisi dari kedua katup menutup maka memungkinkan terjadinya penekanan terhadap bahan bakar + udara di ruang bakar dampaknya suhu di ruang bakar akan naik, dengan naik suhu di ruang bakar maka untuk meledakan bahan bakar akan menjadi lebih mudah bahkan kita hanya mmerlukan sedikit pemicu saja
  • Posisi katup pada kepala silinder

    Kedua katup Menutupkedua katup menutup menyebabakan bahan bakar terperangkap di ruang bakar
  • Kondisi di dalam ruang bakar

      Tekanan menyebabakan suhu Campuran Bahan bakar dan udara diruang bakar meningkat dimana beberapa derajat sebelum piston sampai di tma maka busi pun memercikan bunga api listrik dan duaaaarrrrrr terjadi ledakan
Untuk Cara kerja motor 4 tak masih tersisa 2 langkah lagi yaitu Langkah Usaha dan langkah buang agar lama tidak terlalu berat ketika di buka maka uantuk kedua langkah tersebut dapat di lihap pada link di bawah

3. Langkah Usaha 

    Langkah Usaha biasa juga disebut dengan stroke power atau biasa disebut juga dengan langkah tenaga karena hasil dari langkah usaha ini lah yang menghasilkan tenaga yang nantinya akan digunakan untuk menggerakan poros engkol melalui piston untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara kerja mesin 4 tak pada langkah usaha dapat dilihat pada artikel Cara Kerja Langkah Usaha Pada Motor 4 Tak

4. Langkah Buang 

   Langkah Buang adalah langkah akhir dari perjalanan piston pada cara kerja motor 4 tak, pada langkah ini piston bergerak dari TMA ke TMB sisa pembakaran akan di buang ke udara bebas melalui kenalpot. Untuk lebih lengkapnya tentang langkah buang bisa kita lihat pada artikel Siklus Langkah Buang

Semoga artikel tentang ulasan langkah kerja piston (cara kerja motor 4 tak ) semoga artikel ini bermanfaat mohon maaf kalo ada salah kata (+_-)


0 Response to "Cara Kerja Mesin 4 Tak Motor Bensin"

Posting Komentar